5 Jenis Usaha Ternak yang Diminati Masyarakat Bone

Berternak merupakan salah satu jenis usaha yang mendatangkan banyak hasil dan keuntungan.

Dilain daerah suku dan adat bisa tidak sama namun untuk usaha peternakan di semua daerah tidak memiliki perbedaan.  Seperti halnya di Daerah Sulawesi Selatan tepatnya di Kabupaten Bone, usaha tersebut sangat menguntungkan dan menghasilkan bagi peternak sendiri.

Adapun jenis usaha ternak yang ada di Bone dan menguntungkan orang bugis tersebut seperti:

1. Sapi
Berternak sapi salah satu usaha yang mayoritas di lakukan oleh masyarakat bugis bone,  karena selain untungnya dari hasil penjualan juga banyak keuntungan jika memiliki banyak sapi karena bisa dipinjamkan ke masyarakat lain dan hasilnya atau anaknya bisa dibagi oleh si pemilik dan si pengasuh.

2. Ayam
Ayam menjadi peluang usaha baru yang sangat menggiurkan karena permintaan ayam dan dagingnya meningkat. ditambah dengan telur ayam yang banyak diminati masyarakat menjadi tuntutan baru untuk peternak menambah jenis ternakannya. 

3. Itik
Tingginya permintaan telur itik menjadikan masyarakat untuk terus berternak itik dan menjual telurnya dijadikan telur asin. Dengan banyaknya permintaan. masyarakat berbondong-bondong untuk membeli bibit itik lalu di ternak dan dirawat hingga bertelur. 

4. Bebek
Beternak bebek juga memiliki beberapa keuntungan, jika dikembangkan dan dikelola dengan baik, semua unsurnya bernilai ekonomis. Selain dari segi pemeliharaannya yang mudah, pakannya yang tidak terlalu sulit, permintaan yang tinggi dan bebek petelur yang sudah afkir atau tidak produktif pun dapat dijual juga sebagai bebek pedaging. Jadi tidak menyisakan sampah, baik daging, telur serta kotorannya.

5.Kambing
Peternakan kambing yang banyak dilakukan masyarakat salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan pribadi.  Dengan banyaknya permintaan masyarakat jeleng idul qurban dan saat akikah membuat peternak selalu menambah stok untuk dijual.  Harga kambing yang tidak terbilang murah ini juga banyak di minati dari berbagai luar dari bone.

0 Response to 5 Jenis Usaha Ternak yang Diminati Masyarakat Bone

Posting Komentar